Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan sikap kerja
dengan prestasi belajar pada proses las busur metal manual. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis korelasi
dengan menggunakan pengujian statistik. Populasi penelitian adalah siswa
kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Karawang dengan jumlah 132
siswa. Sampel diambil 25% dari seluruh populasi, dengan menggunakan
instrument berupa dokumentasi dan pedoman observasi yang telah di
disahkan validitas dan reliabilitasnya oleh para ahli. Hasil penelitian
menggambarkan bahwa kondisi variabel X dan Y berdistribusi pada taraf
signifikansi (α) 0,05 sehingga dilakukan pengujian linieritas dengan
analisis regresi sederhana dan analisis koefisien korelasi dengan hasil
korelasi rho 0,58. Hasil pengujian hipotesis menyatakan berada didaerah
penolakan H0, artinya Terdapat hubungan antara sikap kerja dan prestasi
belajar pada proses las busur metal manual, siswa SMK Negeri 1 Karawang
kelas X Jurusan Teknik Permesinan pada semester genap tahun ajaran
2009/2010. Rendahnya hubungan sikap kerja dengan prestasi belajar pada
proses las busur manual disebabkan oleh tingkat kesadaran dan
konsistensi siswa terhadap pentingnya tata tertib, keselamatan dan
kesehatan kerja dan pemeliharaan mesin atau alat-alat kerja las. Dengan
demikian dilakukan upaya peningkatan sikap kerja agar menjadi lebih
positif melalui pemberdayaan aspek kognisi, afeksi dan konasi serta
tindakan persuasive dan netral.
HUBUNGAN SIKAP KERJA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PROSES LAS BUSUR METAL MANUAL DI SMKN

Related Posts
MANFAAT PEMBIASAAN MAKAN DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL HIKAM BANDUNG PADA KEBIASAAN MAKAN DI RUMAH Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku hidup sehat seorang anak terbentuk dari lingkungan sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar. ...
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIKLAT PADA MATA PELATIHAN PERMASALAHAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTIFIKASI PEKERJA SOSIAL Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penerapan metode brainstorming dengan aktivitas belajar peserta ...
KONTRIBUSI KEGIATAN KEMAHASISWAAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR Penelitian ini berangkat dari adanya pertanyaan tentang sejauh mana kegiatan kemahasiswaan di JPTA – UPI dapat mendukung motivasi b ...
MODEL SEEP DIALOGUE CRITIKAL THINKING (DD/CT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI Skripsi ini berjudul “Model Deep Dialogue/Critical Thinking dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi (Penelitian Tindakan Kel ...
MANFAAT HASIL BELAJAR MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN INSTITUSI PADA KESIAPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN INSTITUSI MANFAAT HASIL BELAJAR MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN INSTITUSI PADA KESIAPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MANAJEMEN SISTEM PENYEL ...
0 komentar