PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berjudul
“Keterampilan Interpretasi Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan terhadap
Gambar dan Bagan pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia“. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan
siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI IPA dalam melakukan
interpretasi terhadap gambar dan bagan pada konsep sistem reproduksi
manusia. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 9 Kota Bandung Kelas
XI IPA 4 Semester 2 dengan jumlah 20 siswa laki-laki dan 20 siswa
perempuan. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan interpretasi
berbentuk uraian yang disajikan dalam bentuk gambar dan bagan serta
angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
keterampilan interpretasi siswa laki-laki dan siswa perempuan.
Keterampilan interpretasi siswa laki-laki termasuk kategori cukup
(61,48%) sedangkan siswa perempuan termasuk kategori kurang (55,56%),
serta penguasaan tiap indikator keterampilan interpretasi yang terdiri
dari keterampilan menghubungkan hasil pengamatan termasuk kategori baik
(80%) untuk siswa laki-laki sedangkan siswa perempuan termasuk kategori
cukup (60%), keterampilan menemukan pola dari suatu seri pengamatan
termasuk kategori kurang (58,75%) untuk siswa laki-laki sedangkan siswa
perempuan termasuk kategori cukup (62,08%) dan keterampilan menyimpulkan
hasil pengamatan, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan termasuk
kategori kurang sekali dengan persentase masing-masing sebesar 52,78%
dan 43,89%.
Isi Skripsi berupa file PDf.
Sebelum Download Baca Cara Download
0 komentar